Wujud Komitmen Terhadap Perempuan dalam Olahraga, KOI Gelar Seminar Women in Sport

0
242
women in sport

Jakarta- Dalam rangka meningkatkan kesetaraan gender melalui gerakan olimpiade, Komite Olimpiade Indonesia (KOI) menggelar seminar Women in Sport yang bertajuk “Tantangan yang Dihadapi Wanita dalam Olahraga.”

Acara ini diselenggarakan di Hotel Ritz-Carlton Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu, (31/7/2019). Turut hadir sejumlah tokoh dalam acara tersebut, Puan Maharani (Menko PMK RI), Erick Thohir (Ketua Umum KOI, dan juga para Tokoh dan atlet olahraga perempuan Indonesia, Susi Susanti, Lely Sampoerno, Maria Londa, Stephanie Handoyo, Dedeh Erawati dan Akademisi Prof. Tandiyo Rahayu.

women in sport

Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Erick Thohir, dalam sambutannya mengatakan bahwa perempuan Indonesia berkontribusi banyak dalam dunia olahraga baik Nasional maupun di Internasional, dan telah mengharumkan nama bangsa, seperti di Asian Games 2018, atlet perempuan berhasil menyumbangkan medali emas. Sekitar 40 persen medali yang diraih kontingen Indonesia adalah hasil dari usaha atlet perempuan Indonesia.

Lanjut Erick, keterlibatan perempuan dalam dunia olahraga Internasional juga terus meningkat. Dia menjelaskan bahwa partisipasi perempuan di dunia olahraga saat ini sudah berada di angka 40 persen.

“Awalnya di Olimpiade musim dingin, partisipasi atlet perempuan hanya dua persen saja, makin sekarang mencapai 30 persen. Begitu juga di Olimpiade musim panas sudah 40 persen. Yang paling konsisten adalah Youth Olympic, partisipasi atlet perempuan mencapai 47,5 persen,” pungkas Erick, yang juga sebagai anggota resmi Komite Olimpiade Internasional (IOC), dalam Seminar Women in Sport di Jakarta.

Senada dengan hal itu, Menko PMK RI, Puan Maharani mengatakan bahwa atlet perempuan harus dilatih, dibina dan diberikan motivasi agar dapat terus berprestasi dalam olahraga.

“Capaian perempuan pada bidang olahraga bisa dijadikan motivasi bagi perempuan untuk berprestasi di segala bidang. Oleh karena itu, perempuan perlu terus didorong untuk maju dalam bidang olahraga, melalui rekruitmen, pembinaan, pelatihan, dan mengikuti pertandingan penuh prestasi,” papar Puan, saat membuka acara seminar Women in Sport.

Puan menekankan bahwa pemerintah akan terus mendorong dan mengupayakan peningkatan mutu atlet dalam olahraga terutama untuk kaum perempuan.

“Seiring dengan komitmen pemerintah Indonesia yang ingin memajukan olahraga di tanah air. Apalagi Indonesia sedang berjuang agar dapat menjadi Tuan Rumah Penyelenggara Olimpiade di tahun 2032,” tandasnya. (Ned)

Asian Games 2018