NOCindonesia.orgArki Dikania Wisnu mendapat kehormatan besar untuk menjadi satu-satunya wakil Indonesia di Olympic Educational Programmes. Program ini merupakan kegiatan tahunan yang digelar oleh International Olympic Academy (IOA). Tahun ini, Singapura melalui Singapore Olympic Academy (SOA) ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggara. Kegiatan ini akan berlangsung di negeri Singa pada tanggal 24-26 November mendatang.

Arki Wakili Indonesia Di Olympic Educational Programmes
Arki Wakili Indonesia Di Olympic Educational Programmes

Segudang prestasi yang dimiliki Arki menjadi salah satu alasan penunjukannya. Hal ini disampaikan Wakil Ketua Umum KOI, Muddai Madang dalam konfrensi pers yang dilakukan di kantor KOI, Rabu (22/11).

“Salah satu tugas KOI adalah untuk menyebarkan nilai-nilai Olympism kepada masayrakat. Dan yang bisa menyampaikan pesan ini dengan baik adalah atlet-atlet yang berprestasi dan digemari banyak orang, dengan harapan pesannya lebih cepat dan mudah diterima masyarakat. Kegiatan ini tiap tahun diadakan oleh IOC, tahun ini Indonesia diminta untuk mewakilkan satu atletnya yang berprestasi untuk mewakili. Pilihannya jatuh kepada Saudara Arki,” ungkapnya.

Meski belum pernah merasakan bertanding sampai ke Olimpiade, Arki yang sempat berpastisipasi di SEA Games dan Asian Beach Games merasa bangga menjadi wakil Indonesia.

“Saya akan mewakili Indonesia dalam program tersebut untuk menyampaikan kepada perwakilan negara-negara lain bagaimana nilai-nilai Olimpiade diajarkan di negara kita. Delegasi dari negara lain pun akan melakukan hal yang sama jadi kami bisa bertukar informasi dan membangun koneksi satu sama lain. Dengan harapan nilai-nilai tersebut bisa kami sebarluaskan juga kepada masyarakat umum, apalagi tahun depan kita adalah tuan rumah Asian Games” ujar Arki.

Arki dijadwalkan akan bertolak ke Singapura pada hari Kamis (24/11) mendatang.

Mengenai Satria Muda Pertamina

Satria Muda berdiri pada tanggal 28 Oktober 1993. Tim yang berada di bawah naungan PT. Indonesia Sport Venture ini mengusung slogan Juara Indonesia – Indonesia Juara. Sejak awal dibentuk, tim ini berkomitmen untuk mencetak pemain – pemain basket berkarakter dan berprestasi. Hal ini terlihat dari kontribusi tim dalam menyumbangkan Pemain – pemainnya untuk memperkuat tim nasional.

Hingga saat ini, tim Satria Muda Pertamina telah menorehkan 9 gelar juara Indonesia, yaitu :

  • Juara Kobatama tahun 1998
  • Juara IBL Indonesia tahun 2004, 2006, 2007, 2008, 2009
  • Juara NBL Indonesia 2010/2011, 2011/2012 dan 2014/2015.

Tim ini juga telah membawa nama Indonesia juara di kancah Internasional dengan menjuarai SEABA pada tahun 2008. Selain itu tim Satria Muda Pertamina juga turut serta dalam perkembangan bola basket nasional melalui komitmen dalam pembinaan basket sejak usia dini hingga tingkat prosesional. Komitmen ini ditunjukkan dengan mendirikan sekolah basket, Indonesia Basketball Academy untuk usia 7-18 tahun.

Asian Games 2018 Asian Games 2018