Kontingan Sea Games Dikukuhkan

0
313

Komite Olimpiade Indonesia mengukuhkan Kontingen Merah-Putih yang akan berlaga dalam Sea Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia, di Wisma Kemenpora, Jakarta, Rabu (2/8/2017).

“Kami meminta atlet-atlet untuk membuat terobosan dalam prestasi sebagaimana rekan-rekan mereka pada cabang bola voli yang masuk semifinal Kejuaraan Asia dan cabang renang yang menempati peringkat delapan besar dunia,” kata Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Erick Thohir dalam sambutan pengukuhan kontingen Indonesia.

Dia berharap para atlet terpacu untuk membuat letupan-letupan prestasi dalam Sea Games di Malaysia setelah mengorbankan pendidikan, waktu, dan kerja keras selama mengikuti pelatihan nasional.

“Sea Games merupakan sasaran Antara menuju Asian Games 2018. Target kita memang berat, tapi kalau ada kemauan dari atlet semua dapat tercapai,” kata Erick.

KOI, menurut dia, telah membahas persiapan keikutsertaan Indonesia dalam kejuaraan internasional multi-cabang yang akan diikuti pada 2018 bersama Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima).

“Kami juga sudah memastikan kepastian anggaran bersama Satlak Prima, Kemenpora serta dukungan dari DPR RI dan KONI. Kepastian anggaran kontingen itu untuk memastikan atlet-atlet Indonesia tidak terlunta-lunta,” katanya menambahkan.

Komandan Kontingen (CdM) Indonesia dalam Sea Games 2017 Aziz Syamsuddin mengatakan kontingen Indonesia menargetkan capaian peringkat yang lebih baik dibandingkan dengan hasil Sea Games 2015 yaitu peringkat lima.

“Kontingen Indonesia akan dilepas oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara pada 7 Agustus,” katanya.

Kontingen itu berkekuatan 755 atlet dan ofisial terdiri dari 534 atlet, 166 ofisial pelatih dan manajer, dan 55 orang perangkat pendukung dari KOI dan Komandan Kontingen. Indonesia akan mengikuti 35 cabang olahraga dari 38 cabang olahraga di Malaysia pada 14-30 Agustus.

Mereka berangkat ke Sea Games 2017 dengan dukungan anggaran Rp30,5 miliar dari APBN 2017, serta Rp11 miliar dari dukungan Satlak Prima. Namun, dua cabang olahraga hoki es dan ski es berangkat ke Malaysia atas biaya mandiri.

Selain Sea Games 2017, Indonesia juga akan mengirimkan kontingen dalam Asean Paragames 2017 yang berlangsung di Kuala Lumpur pada 17-23 September 2017.

Sumber : Antara

Asian Games 2018 Asian Games 2018